sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip Umum TOEFL: Cara Mempersiapkan Tes TOEFL bagi Orang Sibuk

Mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL bukan satu-satunya hal yang akan kamu hadapi saat merencanakan diri untuk naik ke jenjang pendidikan atau karir yang lebih tinggi. Ada banyak hal lain yang juga perlu dipersiapkan, dan cukup menyita perhatian.

Kadang kesibukan yang harus diselesaikan membuat kamu harus pergi ke sana kemari tanpa sempat mengalokasikan waktu untuk duduk tenang mempelajari soal TOEFL. Jangan bayangkan meja rapi dengan suasana tenang lengkap dengan cemilan, karena untuk bisa sampai di rumah tepat waktu saja hanya impian. Kamu sibuk berangkat sejak pagi hingga malam hari, menyisakan energi yang tinggal sedikit sesampainya di rumah.

Lalu bagaimana dan kapan bisa mengalokasikan waktu untuk belajar persiapan TOEFL dengan maksimal? Tenang, jangan dulu merasa bingung. Ada banyak cara untuk belajar TOEFL, tidak hanya dengan duduk diam di depan meja lengkap dengan textbook tebal di hadapan. Manfaatkan sesedikit mungkin waktu untuk belajar. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini rangkumannya untuk kamu!

1. Curi Waktu Saat di Kendaraan Umum

Kamu tidak harus menyetir ke manapun? Itu adalah nilai tambah! Kamu bisa memanfaatkan setiap menit bahkan detik saat berada di perjalanan untuk belajar. Saat duduk di kursi bus, menumpang taksi, hingga saat berada di kereta. Di manapun yang memungkinkan kamu untuk berkonsentrasi sejenak. Buat dirimu nyaman dengan cara beradaptasi dengan cepat, lalu mulailah belajar singkat. Tenang saja, sesingkat apapun waktu kamu belajar, kamu tetap akan bisa meraup ilmu meski sedikit.

2. Dengarkan Podcast

Ada jutaan Podcast menarik yang bisa menambah kemampuan kamu listening tes TOEFL. Ini sama halnya dengan berlatih mendengarkan speaker berbicara saat hari H tes digelar. Posisikan dirimu dengan tenang, sematkan headset di telinga. Sebisa mungkin pilih Podcast yang berisi percakapan bermutu dalam bahasa Inggris agar kamu bisa menyerap ilmu dari dialog yang mereka utarakan.

3. Jeda Kala Memasak

Sempat senggang dan memutuskan untuk memasak sup favoritmu? Silakan! Hanya satu hal yang perlu kamu ingat. Saat menunggu masakanmu matang, duduklah dekat dapur dan baca buku persiapan TOEFL yang kamu miliki. Dengan cara ini kamu bisa mencicil bab demi bab tanpa harus kelaparan atau mengandalkan delivery makanan setiap waktu. Sekali mendayung dua pulau terlampaui, bukan?

4. Menunggu Tidak Lagi Membosankan

Bekali dirimu selalu dengan hal yang terkait dengan belajar persiapan tes TOEFL. Tidak harus dalam bentuk membawa buku tebal ke mana-mana. Tidak perlu seekstrim itu. Kamu hanya perlu membawa benda yang bisa membantumu mengingat materi-materi dalam buku persiapan tes TOEFL. Mungkin sebuah notes kecil, catatan di ponsel, rekaman suara, bahkan novel berbahasa Inggris. Keluarkan hal ini saat kamu sedang menunggu dan tidak bisa melakukan hal lain! Jadi tak perlu menunggu sampai di rumah untuk bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu.

5. Berbincang dengan Native Speaker

Saat bertemu dengan orang asing, jangan ragu untuk berbincang dengannya. Tenang, mereka tidak akan menganggapmu tidak sopan. Perkenalkan diri dan berbincanglah. Siapa tahu mereka sedang senggang dan juga mencari teman bercakap-cakap. Saat berbicara dengannya, gunakan bahasa Inggris dan ketahui bagaimana bahasa tutur berbeda dengan bahasa tulis. Dengan cara ini kamu bisa melatih kemampuan speaking sekaligus listening kepada lawan bicara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi primer.

6. Ritual Sebelum Tidur

Alokasikan waktu singkat sebelum tidur untuk menengok persiapan tes TOEFLmu. Ya, cukup 10 menit saja. Dalam waktu singkat itu, serap ilmu dari buku atau catatan yang telah kamu rangkum. Jangan kuatir, meski hanya 10 menit otakmu bisa menyerapnya dengan baik sebagai tambahan informasi saat akan mengerjakan tes TOEFL kelak.

7. Bermain Games? Siapa Takut!

Pernahkah kamu merasa waktumu untuk bermain terenggut sejak harus mempersiapkan diri untuk tes TOEFL? Just don’t. Sebenarnya kamu bisa bermain games untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu! Ada begitu banyak permainan yang bisa menjadi bekal kamu atau menambah perbendaharaan kata. Sebut saja permainan Scrabble yang tak pernah lekang oleh waktu! Tidak hanya itu, permainan online seperti Warcraft juga memungkinkan kamu untuk berbincang dalam bahasa Inggris bersama pemain dari negara lain. Berbincang seperti ini sedikit banyak juga mengasah kemampuanmu!

8. Flashcards

Jangan salah, kamu bisa membuat sistem belajar sesuka hati! Bebas apa yang ingin kamu lakukan selama itu bisa membantumu untuk mengingat materi pelajaran tes TOEFL dengan lebih baik. Contohnya adalah membuat flashcards berisi poin-poin penting seperti grammar atau struktur bahasa Inggris lainnya. Cara ini akan membuat kamu mudah mengingat dengan cara yang menyenangkan!

9. Hiburan Berbahasa Inggris

Ada banyak sekali pilihan dan ragam hiburan berbahasa Inggris yang bisa kamu pilih untuk rileks sejenak dari semua kesibukan. Luangkan waktu beberapa jam untuk rileks menonton film di rumah sambil meminum coklat hangat favoritmu. Pilih tontonan yang bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu, ya! Selain film dan serial, kamu juga bisa menyaksikan talkshow menarik seperti Jimmy Fallon Show, Saturday Night Live, Ellen deGeneres Show, dan banyak hal lainnya yang bisa dinikmati dengan santai.

Dari semua cara untuk bisa belajar di sela kesibukan ini, yang terpenting adalah satu hal: jangan mudah terdistraksi. Fokuskan dirimu. Sadari betul bahwa waktu yang kamu miliki untuk bisa mencuri-curi waktu belajar persiapan tes TOEFL sangatlah berharga. Untuk itu kamu perlu mengalokasikan seluruh konsentrasi yang kamu punya untuk momen belajar itu. Jangan malah terjebak untuk membaca ponsel atau menyimak media sosial yang bisa berlangsung berjam-jam tanpa terasa, ya!

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL

 

Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Belajar Sejarah (Part 1)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Reading TOEFL: Temukan Tokoh Utamanya untuk Mengetahui Maknanya
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Jalur Minyak Raksasa Alaska
Tip TOEFL: Mengenal Prefixes (Imbuhan) OVER- dan BI-
Speaking TOEFL: Kenali Kata Pengantar
Belajar Listening TOEFL: 8 Jurus Menguasai Listening Secara Cepat
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 2)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression tentang Animals
Tip TOEFL: Mungkinkah Kita “Berbohong” dalam Tes TOEFL?


 
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal