sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Mengenai Negosiasi Antar Perusahaan

Kita semua pasti pernah mendengar kata negosiasi atau pernah terlibat langsung di dalam proses negosiasi. Negosiasi sangat krusial dilakukan, terutama dalam bisnis. Banyak orang-orang dengan jabatan penting dalam suatu instansi atau perusahaan yang dilibatkan dalam negosiasi agar dapat tercapai keputusan yang baik. Lalu, apakah sebenarnya pengertian negosiasi itu sendiri?

Negosiasi adalah suatu proses dimana dua pihak atau lebih bertemu secara langsung untuk merundingkan suatu hal, utamanya yang berhubungan dengan bisnis, hingga sebuah kesepakatan tercapai tanpa harus membuat salah satu atau kedua pihak dirugikan. Negosiasi juga dapat diartikan sebagai proses pengambilan keputusan hingga tercapai kata sepakat dari pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Kali ini, kita akan mengupas contoh-contoh percakapan negosiasi yang dilakukan oleh antar perusahaan menggunakan Bahasa Inggris, yang bisa teman-teman jadikan contoh dan sebagai bahan belajar Bahasa Inggris.

Contoh percakapan 1:

Timur Nugraha: Thank you so much for meeting me directly, Miss Monalisa. So, straight to the point we have been talking on the phone last two weeks… my company takes interest in buying 20 computer units from your company. I want to know the detail of the price given by your company.

Monalisa Susanto: Thank you so much for entrusting us with your computer purchase, Mr. Timur. Because our companies have a good relationship, of course we will give you the best price possible. For 20 new computer units, we offer Rp. 760.000.000 for the price.

Timur Nugraha: Actually, because of our companies’ relationship, I want to bid for a cheaper price from the initial price, which is 650.000.000. I think that is the best price to offer to a good company like yours.

Monalisa Susanto: Our company always offers the best, which means we never sell a low-quality computer unit. Therefore, I am sorry, Mr. Timur, but I cannot accept the bidding price you offer. Rp. 760.000.000 is the best price you can get. We will also adding 20 new computer chairs as the bonus if you accept.

Timur Nugraha: Very well, then, Miss Monalisa. We agree with the price. I hope this purchase will strengthen the relationship between our companies.

Monalisa Susanto: We will prepare the computer units and send them to your company in a few days. Thank you so much for entrusting us with your computer purchase, Mr. Timur.

Terjemahan:

Timur Nugraha: Terimakasih sudah menemui saya secara langsung, Nona Monalisa. Nah, langsung saja pada poin yang telah kita bicarakan dua minggu yang lalu… perusahaan saya tertarik membeli 20 unit komputer dari perusahaan Anda. Saya ingin tahu rincian harga yang diberikan oleh perusahaan Anda.

Monalisa Susanto: Karena kedua perusahaan kita memiliki hubungan yang baik, tentu saja kami akan memberikan Anda harga yang terbaik. Untuk 20 unit komputer baru, kami menawarkan harga sebesar Rp. 760.000.000.

Timur Nugraha: Sebenarnya, karena hubungan kedua perusahaan kita, saya ingin menawar harga yang lebih murah daripada harga awalnya, yaitu Rp. 650.000.000. saya ras harga tersebut adalah harga terbaik untuk ditawarkan kepada perusahaan sebaik perusahaan Anda.

Monalisa Susanto: Perusahaan kami selalu menawarkan yang terbaik, yang artinya kami tidak pernah menjual unit komputer berkualitas rendah. Maka dari itu, maafkan saya, Tn. Timur, namun saya tidak bisa menerima harga yang Anda tawarkan. Rp. 760.000.000 adalah harga terbaik yang bisa Anda dapatkan. Kami juga akan menambahkan 20 kursi komputer baru sebagai bonus bila Anda menerimanya.

Timur Nugraha: Kalau begitu baiklah, Nona Monalisa. Kami setuju dengan harga tersebut. Saya harap pembelian ini dapat memperkuat hubungan di antara perusahaan kita.

Monalisa Susanto: Kami akan menyiapkan semua unit komputer tersebut dan mengirimkannya ke perusahaan Anda dalam beberapa hari. Terimakasih banyak telah mempercayakan kami untuk pembelian komputer perusahaan Anda, Tn. Timur.

Contoh percakapan 2:

Reini: Because of the pandemic, our company is in threat of bankruptcy. Therefore, I would like to submit a merger proposal between my company and your company.

Terry: I am terribly sorry to hear that. Our companies have a really good relationship for so many years. About the proposal… actually this is interesting. I would like to build a horizontal merger with your company. By doing this way, not only will your company be saved, but also saving the existing production line. We can also create a bigger fund. Please, come again to my office next two days and we will talk about the rest in that meeting.

Reini: I cannot believe you actually agree to this proposal. Thank you for saving my company and the workers, Mr. Terry.

Terry: No need to say thank you. Since your company is a really good one, it’s worth saving.

Terjemahan:

Reini: Dikarenakan pandemi ini, perusahaan kami terancam bankrut. Maka dari itu, saya ingin mengajukan proposal merger antara perusahaan saya dan perusahaan Anda.

Terry: Saya sangat menyesal mendengarnya. Perusahaan kita sudah menjalin hubungan baik selama bertahun-tahun. Mengenai proposalnya… sebenarnya, ini menarik. Saya ingin membangun merger secara horizontal dengan perusahaan Anda. Dengan melakukan ini, tidak hanya perusahaan Anda saja yang akan terselamatkan, namun kita juga akan menyelamatkan jalur produksi yang telah ada. Kita juga dapat menciptakan modal yang lebih besar. Tolong, datanglah lagi ke kantor saya lusa dan akan kita bicarakan semuanya dalam pertemuan itu.

Reini: Saya tidak bisa percaya Anda menyetujui proposal ini. Terimakasih sudah mau menyelamatkan perusahaan saya dan juga para pekerjanya, Tn. Terry.

Terry: Tidak perlu berterimakasih. Karena perusahaan Anda adalah perusahaan yang sangat baik, perusahaan Anda pantas diselamatkan.

Itulah dua contoh percakapan negosiasi antara dua perusahaan dengan menggunakan Bahasa Inggris untuk teman-teman sekalian.

Artikel Lainnya

Percakapan Mengenai Negosiasi Antar Perusahaan
Cara Memulai Meeting Bisnis Dalam Bahasa Inggris
Cara Memulai Presentasi dengan Bahasa Inggris
Contoh Ucapan Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Hasil Interview Kerja dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Kasir dan Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Kasir: Cara Kasir Melayani Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Cashier Conversation: Percakapan Umum yang Dilakukan oleh Kasir dalam Bahasa Inggris
Business Conversation: Percakapan Dengan Tamu di Kantor Dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bisnis: Mengingatkan Rapat dan Mengulang Kesepakatan Di Meeting Sebelumnya dalam Bahasa Inggris

 

Jawaban Pertanyaan Wawancara Seputar Gaji yang Diinginkan
Percakapan tentang Kemungkinan (Possibilty or Impossiblity)
Contoh Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Pemandu Wisata
Percakapan di Bandara: Delay Pesawat dalam Bahasa Inggris
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 1)
Percakapan Inggris Membeli Tiket di Objek Wisata
Job Interview: What Did You Like Least About Your Last Position?
Contoh Wawancara Kerja (Finance atau Keuangan) dalam Bahasa Inggris
Cara Menghadapi Interview Pekerjaan dalam Bahasa Inggris