sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Verb: Apa itu Irregular Verb (Kata Kerja tak Beraturan)?

Kata Kerja tidak Beraturan

Irregular verb yang akan kita pelajari dalam artikel tutorial bahasa Inggris ini tidak hanya merupakan salah satu kelompok verb, namun juga merupakan kategori yang berlawanan dengan regular verb. Kita akan melihat penjelasannya lebih jauh dalam poin selanjutnya pada artikel ini.

Seperti biasa, setelah menyimak penjelasan tentang irregular verb, kita akan melihat contoh-contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, maupun contoh soal dan pembahasannya dalam tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lain yang sejenis.

Penjelasan Mengenai Irregular Verb

Irregular verb sendiri adalah verb yang bentuk mulai verb 1 (bentuk asalnya) hingga verb 3-nya mengalami perubahan. Contoh irregular verb dapat dilihat pada bagian verb 2 dan verb 3 dalam tabel berikut:

Verb 1 Verb 2 Verb 3
Arise Arose Arisen
Be (am/is/are) Was/were Been
Blow Blew Blown
Break Broke Broken
Choose Chose Chosen
Dive Dove Dived
Do Did Done
Draw Drew Drawn
Eat Ate Eaten
Fall Fell Fallen
Forbid Forbade Forbidden
Give Gave Given
Go Went Gone
Hide Hid Hidden
Know Knew Known
Rise Rose Risen
Sing Sang Sung
Speak Spoke Spoken
Steal Stole Stolen
Take Took Taken
Wear Wore Worn
Write Wrote Written

Contoh Penerapan Irregular Verb Dalam Kalimat

Setelah melihat contoh-contoh irregular verb dalam tabel di atas, kini saatnya kita melihat penerapannya dalam empat contoh kalimat yang terdapat pada poin ini.

Seperti biasa, masing-masing contoh kalimat memiliki arti bahasa Indonesia dan tanda bold pada irregular verb yang digunakan untuk mempermudah pengertian. Penjelasan mengenai perubahan irregular verb juga tersedia setelah menyimak masing-masing contoh kalimat berikut ini:

1. I ate complete breakfast yesterday morning (Kemarin pagi aku makan sarapan lengkap).

Penjelasan: Contoh kalimat dengan subject I” (aku) ini memiliki “ate” (makan) sebagai irregular verb dalam bentuk verb 2. Asal dari “ate” adalah “eat” (verb 1), dan nantinya berubah lagi menjadi “eaten” dalam bentuk verb 3-nya.

2. They have just broken the window (Mereka baru saja memecahkan jendelanya).

Penjelasan: Contoh kalimat dengan subject they” (mereka) ini memperlihatkan “broken” (memecahkan) sebagai irregular verb dalam bentuk verb 3. “Broken” sendiri adalah perubahan bentuk dari “break” (verb 1) dan “broke” (verb 2).

3. She gave a nice ornament to that cake (Dia memberikan ornamen yang indah pada kue itu).

Penjelasan:Gave” (memberikan) dalam contoh kalimat ber-subject she” (dia) ini adalah irregular verb dalam bentuk verb 2 dari asal verb 1-nya, yakni “give”, yang nantinya pada verb 3 berubah menjadi “given”.

4. I guess the card has been stolen (Mungkin kartunya sudah dicuri).

Penjelasan: Irregular verb stolen” (dicuri) yang terdapat pada contoh kalimat ber-subjectI” ini adalah bentuk verb 3. Asal verb 1-nya sendiri dari “steal” (curi), yang kemudian pada verb 2-nya menjadi “stole”.

Contoh Penerapan Irregular Verb Dalam Percakapan

Salah satu bentuk contoh percakapan yang mengandungi irregular verb akan kita pelajari pada poin ini, beserta dengan arti bahasa Indonesianya dan tanda bold untuk irregular verb-nya, sehingga kita lebih mudah untuk mengerti isi dari tiap baris percakapan pada contoh percakapan acuan kita ini.

Selain itu, di akhir contoh percakapan di bawah ini, kita juga berkesempatan melihat dan mempelajari lebih banyak mengenai irregular verb:

Rika: Did anyone happen to see my room keys? *confusedly looking around for her room keys*

(Rika: Apakah ada yang melihat kunci kamarku? *dengan bingung melihat-lihat kunci kamarnya*)

Millie: I have no idea… Perhaps your roommate has taken it?

(Millie: Aku tidak tahu… Mungkin teman sekamarmu sudah mengambilnya?)

Rika: It can’t happen that way! I knew it was here not long ago…

(Rika: Tidak mungkin begitu! Aku tahu itu ada di sini tidak lama sebelumnya…)

Rina: Sis! *waves to Rika from distance while holding the key* These are our keys!

(Rina: Kak! *melambaikan tangan pada Rika dari kejauhan sambil memegang kuncinya* Ini kunci-kunci kita!)

Rika: (Finally, after long hours of being gone…) Thank you, Rina!

(Rika: (Akhirnya, setelah berjam-jam hilang…) Terima kasih, Rina!)

Contoh percakapan di atas mengandungi irregular verb dalam bentuk verb 2 maupun verb 3. Bentuk verb 2 irregular verb dapat kita lihat pada baris pertama dan ketiga, sementara di baris kedua dan terakhir, kita melihat adanya irregular verb yang berbentuk verb 3.

Did” adalah irregular verb berbentuk verb 2 yang ada pada baris pertama. “Did” ini juga sekaligus perubahan dari verb 1-nya, yakni “do”, dan akan berubah menjadi “done”, yang adalah verb 3-nya. Subject-nya sendiri adalah “anyone” (ada (siapapun)).

Selanjutnya, pada baris ketiga yang memiliki subject I”, kita melihat ada 2 irregular verb bentuk verb 2 secara sekaligus. Kedua irregular verb berbentuk verb 2 tersebut adalah “knew” (dari asal verb 1know”, dan dapat berubah menjadi verb 3-nya, yakni “known”) dan “was” (dari asal verb 1is” (bagian dari “be”), dan dapat berubah menjadi “been”, yang adalah verb 3-nya).

Untuk penggunaan irregular verb sebanyak 2 kali (atau lebih) ini diperbolehkan, terutama ketika sedang menyampaikan pendapat, pemikiran, prediksi, atau sejenisnya, selama maknanya tidak mengalami pergeseran.

Kemudian, bila kita melihat baris kedua yang subject-nya “your roommate” (teman sekamarmu), ada “taken” (mengambil) sebagai irregular verb bentuk verb 3, yang merupakan perubahan akhir dari “take” (verb 1) dan “took” (verb 2). Dalam baris terakhir, ada pula “gone” (hilang) sebagai irregular verb yang juga berbentuk verb 3 dan merupakan perubahan akhir dari “go” (pergi, verb 1) dan “went” (pergi, verb 2).

Contoh Soal dan Pembahasan Irregular Verb Dalam Tes TOEFL Maupun Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Dalam tes-tes yang menguji kecakapan berbahasa Inggris, irregular verb kerap muncul sebagai contoh soal yang meminta kita melengkapi beberapa bagian percakapan yang rumpang. Selain itu, contoh soal yang meminta kita menentukan benar-salahnya sebuah kalimat soal juga dapat muncul sebagai bagian uji pemahaman materi irregular verb.

Dua contoh soal yang tersaji dalam poin ini merupakan contoh yang dapat kita pelajari. Bersamaan dengan arti bahasa Indonesianya, kita akan memperoleh lebih banyak manfaat belajar dari mengenal tanda bold pada jawaban benarnya dan menyimak pembahasan jawaban benar dari masing-masing contoh soal di bawah ini:

1. A: Where _____ you go? I ______ see you these days.

B: I ______ to Tretes for 3 days.

Which of these following word pair is correct?

a. did, did, go      b. do, did, go      c. do, didn’t, went      d. did, didn’t, went

(1. A: Ke mana ________ kamu pergi? Aku _____ melihat kamu akhir-akhir ini.

B: Aku ________ ke Tretes selama 3 hari.

Mana pasangan kata di bawah ini yang benar?

a. kemarin, memang, pergi       b. saat ini, memang, pergi       c. saat ini, tidak, pergi       d. kemarin, tidak, pergi)

Catatan: Untuk mengisi bagian rumpang, terlebih dahulu kita harus memperhatikan konteks dialognya. Dalam hal ini, pembicaraan adalah pada masa lalu, sehingga harus menggunakan past tense.

Karena “did” merupakan irregular verb yang umum pada pertanyaan, maka kita isi bagian rumpang pertama di dialog A dengan “did”. Mengingat keadaannya adalah A tidak melihat B akhir-akhir ini, maka kita mengisi bagian selanjutnya dengan “didn’t”.

Bentuk verb 2 (identik dengan past tense) dari “go”, sesuai tabel pada penjelasan sebelumnya dalam artikel ini, adalah “went”. Karena itu, jawaban yang benar dari contoh soal pertama ini adalah d. did, didn’t, went.

1. Mark this statement as true (T) or false (F):

The book has been taken by its owner. Answer: T

(2. Tandai pernyataan ini sebagai benar (B) atau salah (S):

Bukunya telah diambil oleh pemiliknya. Jawaban: B)

Catatan: Bila dilihat dari strukturnya, maka kita dapat melihat dengan jelas kalimat pada contoh soal nomor 2 ini adalah kalimat tidak langsung. Kalimat tidak langsung umumnya memakai bentuk verb 3, termasuk pada irregular verb.

Karena itu, penggunaan verb 3 taken” sebagai irregular verb (bukan “take” yang adalah verb 1-nya, atau “took” yang adalah verb 2-nya) pada contoh kalimat ini harus kita jawab “T” atau “True”.

Demikianlah serba-serbi irregular verb yang dapat kita pelajari. Dalam artikel tutorial bahasa Inggris selanjutnya, kita akan belajar tentang kelompok verb lainnya, yakni light verbs, dengan poin-poin pelajaran yang berbeda dibandingkan kelompok-kelompok verb maupun aneka materi tutorial bahasa Inggris sebelumnya.

Verbs

Artikel Lainnya

33 Irregular Verbs & Contoh Kalimatnya
Verb: Apa itu Present Participle?
Verb: Apa itu Main Verb + Auxiliary Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Modal Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Active Verb (Kalimat Aktif)?
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Light Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Irregular Verb (Kata Kerja tak Beraturan)?
Grammar-Verb: Apa itu Infinitive Verb?
Grammar-Verb: Apa itu Indicative Verb?

 

Grammar-Adverb: Apa itu Adverbs?
Grammar Tenses: Apa itu Past Future Perfect Continuous Tense?
Grammar-Pronoun: Apa itu Interrogative Pronoun?
Parts of Speech (The Eight Parts of Speech)
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Sentences: Apa itu Imperative Sentence (Kalimat Perintah)?
Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?
Sentences: Apa itu Run-On Sentence?
Grammar-Pronoun: Apa itu Possessive Pronoun?
Grammar-Conjunction: Apa itu Adverbial Conjunctions (Conjunctive Adverbs)?


 
Apa itu Phrasal Verbs?
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?
Perbedaan Noun dan Pronoun
Apa itu Conditional Sentences?
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
List Kata Kerja yang Diikuti Gerund dan Infinitive