sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Tip TOEFL: Besok Mau Tes TOEFL? Ini 10 Tips Jitu Buat Kamu

Sudah bukan rahasia lagi bahwa persiapan yang matang akan membawa kamu pada keberhasilan. Setelah mempersiapkan diri selama beberapa bulan baik dengan mengambil kursus, mengikuti latihan online, hingga membaca latihan soal tes TOEFL, penting untuk tahu strategi dan tips jitu yang perlu kamu lakukan. Artikel kali ini akan membahas apa yang harus kamu lakukan pada hari H dan sehari sebelumnya. Persiapan yang lebih jauh akan dibahas di artikel yang lain.

Mungkin sekilas terdengar sepele, tapi dengan menjalankan 10 tips-tips jitu ini, dijamin kamu akan lebih siap menjalani tes TOEFL. Konsentrasi dan fokusmu tidak akan terganggu dengan hal-hal minor lain yang mungkin terjadi jika kamu luput melaksanakan tips ini. Maka dari itu, yuk kita simak apa saja ya tips jitu yang perlu kamu persiapkan jelang menjalani tes TOEFL?

1. Datang Tepat Waktu

Bila perlu, menunggu lebih lama di tempat tes tidak ada salahnya. Ini akan membuat kamu merasa siap dan tenang. Jika kamu merasa tegang, daya ingat tidak akan bisa bekerja maksimal. Kenali di mana lokasi tes digelar, bagaimana rute menuju ke sana, hingga hal sesederhana lokasi tempat parkir. Terutama jika kamu akan mengikuti tes TOEFL paper based, siapkan pensil cadangan dan penghapus.

2. Persiapkan Dokumen

Saat mendaftar untuk mengikuti tes TOEFL, ada beberapa dokumen yang perlu kamu persiapkan. Saat datang ke tempat tes, bawa serta dokumen yang pernah kamu submit jika sewaktu-waktu diperlukan. Bukan hanya dokumen kertas, kadang kala kamu juga perlu mempersiapkan pas foto dan persyaratan registrasi lainnya. Bawa juga ID card lengkap dengan foto dan tanda tanganmu, ya!

3. Gunakan Jam Tangan

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa ada jam dinding di ruangan tempat digelarnya tes TOEFL. Dengan memakai jam tangan, kamu bisa mengetahui sisa waktu dan tenggat akhir mengerjakan tes. Hal ini penting terutama untuk kamu yang mengikuti paper based TOEFL. Sama halnya jika kamu mengikuti Internet based TOEFL (iBT). Meski ada jam di layar, namun mengenakan jam bisa menjamin bahwa kamu tidak terlambat tiba di lokasi ujian.

4. Prioritas Pengerjaan Soal

Setelah berkali-kali mengerjakan latihan tes TOEFL, sebaiknya kamu sudah tahu di mana titik lemah dan terkuatmu. Soal-soal yang menjadi titik terlemahmu rentan menjadi hal yang membuat proses menjawab soal terlalu lama. Asah kemampuan menjawabmu di kategori yang kamu kurang kuasai. Jangan terlalu lama berkutat di soal yang tidak bisa kamu jawab. Rencanakan bagaimana kamu akan menjawab sesuai dengan urutan kategori soal yang akan kamu hadapi.

5. Jawab Semua Pertanyaan

Jangan melewatkan satu pertanyaan pun. Pastikan kamu menjawab seluruh soal yang ada. Tapi jangan menghabiskan waktu terlalu lama berkutat di sebuah soal. Jika ada pertanyaan yang kamu ragu, eliminasi pilihan-pilihan yang sudah pasti salah. Setelah itu, buat tebakan yang masuk akal. Setidaknya kamu punya 25 persen kemungkinan memilih jawaban yang benar.

6. Fokus dengan Pergantian Kategori

Tidak ada jeda antara sesi Reading dan Listening. Itu sebabnya penting untuk beralih dengan cepat antara satu pertanyaan ke pertanyaan lain. Jangan biarkan pertanyaan di kategori sebelumnya masih membayangi kamu saat sudah waktunya berpikir tentang pertanyaan baru. Hal ini biasanya terjadi jika kamu masih ragu apakah jawaban yang kamu pilih sebelumnya tepat atau tidak. Ingat, selalu fokus dengan soal yang sedang kamu hadapi. Berganti soal, tak perlu lagi mengingat soal-soal sebelumnya.

7. Gunakan Pakaian Nyaman

Bukan waktu singkat dan tentunya melelahkan harus duduk mengerjakan soal secara bertubi-tubi. Salah satu tips untuk kamu adalah berpakaianlah senyaman mungkin di hari tes digelar. Kamu tidak bisa memprediksi bagaimana temperatur di ruangan tes. Jangan memakai baju atau celana yang terlalu ketat dan membuatmu tidak nyaman duduk selama beberapa jam. Tahukah kamu? Mengenakan pakaian yang kurang nyaman bisa merusak mood yang berakibat pada hilangnya konsentrasi.

8. Makan dan Minum Cukup

Tidak boleh ada makanan atau minuman yang boleh dibawa masuk ke dalam ruangan tempat digelarnya tes. Bagaimanapun, tidak ada waktu untuk sekadar memakan cemilan atau minum. Itu sebabnya penting untuk makan cukup sebelum menjalani tes. Jangan terlalu atau kurang kenyang. Hindari konsumsi gula berlebihan karena akan menyerap energimu. Minum cukup, tapi jangan berlebihan. Ingat, pergi ke toilet untuk buang air kecil adalah hal terakhir yang ingin kamu lakukan saat menjalani tes TOEFL.

9. Kenali Alat Bantu Selama Tes

Jangan ragu untuk melakukan riset mendalam atau bertanya pada yang sudah berpengalaman, tentang alat bantu apa yang akan diberikan selama mengerjakan tes TOEFL. Seperti saat mengerjakan soal Listening, biasanya kamu akan dipinjamkan headphone untuk mengatasi suara bising di luar. Atau kamu juga bisa bertanya pada pihak penyelenggara TOEFL untuk tahu betul bagaimana rangkaian tes akan digelar nanti. Lagi-lagi, hal ini hanya bisa dilakukan jika kamu datang tepat waktu dan tidak mepet dengan saat dimulainya tes.

10. Catat Poin Penting

Salah satu keuntungan mengerjakan tes TOEFL adalah kamu bisa menulis rangkuman atau poin yang dirasa penting. Tapi hal ini akan sia-sia jika kamu tidak bisa mencatat dengan ringkas dan cepat. Berlatihlah untuk mencatat beberapa minggu sebelum menjalani tes. Biasakan diri untuk bisa mencatat intisari dari apa yang kamu dengarkan, apapun itu. Mulai dari mendengar berita di televisi, radio, hingga menyimak dialog orang lain. Dengan cara ini, kamu akan sangat terbantu dengan poin-poin yang kamu tulis selama tes.

Nah, itu tadi 10 tips jitu yang bisa kamu lakukan saat akan atau sedang mengerjakan tes TOEFL. Dengan melakukan tips-tips ini, kamu bisa semaksimal mungkin berkonsentrasi dan fokus mengerjakan soal tanpa terganggu dengan hal-hal lain.

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL

 

Tip TOEFL: Kamus Mini Phrasal Verbs
Tip TOEFL: Sudah Layakkah Tingkat Skor TOEFL IBT?
Reading TOEFL: Momen-momen Darurat dalam Reading
Tip Umum TOEFL: Cara Mempersiapkan Tes TOEFL bagi Orang Sibuk
Tip TOEFL: Apa Manfaat Tes TOEFL? Berikut 7 Manfaat Tes TOEFL!
Tip Writing TOEFL: Penggunaan “Koma” dalam Bahasa Inggris
Soal Listening TOEFL: “Menjadi Dosen Sejarah”
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Speaking TOEFL: 8 Tip Speaking Tes TOEFL untuk Pemula


 
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Biology Class