sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Grammar-Adverb: Apa itu Manner Adverb?

Pelajaran manner adverb ini berbeda dengan frequency adverb atau adverbs lain dalam artikel sebelumnya, mengingat kosa kata dan fungsinya yang sama sekali berbeda. Hal ini menjadikan manner adverb pada artikel kesepuluh ini menarik untuk dipelajari.

Seperti biasa, kita akan mulai menelaah penjelasan mengenai manner adverb itu sendiri. Setelah mengerti penjelasannya, barulah kita bergerak ke contoh penerapannya dalam kalimat, percakapan, dan contoh-contoh soal serta pembahasannya dalam tes TOEFL atau tes-tes bahasa Inggris sejenis.

Penjelasan Mengenai Manner Adverb

Secara umum, manner adverb merupakan adverb apapun yang melukiskan cara seseorang atau sesuatu dalam bertindak atau sesuatu dilakukan. Manner adverb biasanya ditempatkan setelah objek, namun tidak pernah ditempatkan di awal kalimat.

Biasanya, adverbs yang termasuk manner adverb diakhiri dengan imbuhan “-ly”. Namun, ada juga kasus manner adverb yang memiliki imbuhan semacam “in a … way”, “like”, “similar to”, dan sejenisnya. Hal yang terpenting adalah fungsi dari manner adverb itu sendiri sebagai gambaran cara.

Poin berikutnya akan memberikan kita contoh penerapan manner adverb di dalam kalimat. Jadi, learners, siapkan diri kalian untuk melanjutkan ke poin selanjutnya!

Contoh Penerapan Manner Adverb dalam Kalimat

Seperti adjectives dan adverbs yang telah dibahas pada pelajaran sebelumnya, kemunculan manner adverb yang sering dalam sebuah kalimat membuat ada banyak contoh kalimat dengan manner adverb.

Beberapa contoh kalimat dengan arti dan penjelasan masing-masing kalimat di bawah ini akan kita jadikan acuan untuk belajar manner adverb. Seperti biasa, untuk memudahkan pembelajaran, manner adverb ditandai dengan bold, sementara objek yang dipengaruhi ditandai dengan garisbawah.

1. Finally, they end their story beautifully (Akhirnya, mereka menyelesaikan cerita mereka dengan indah).

Penjelasan: Kalimat ini melukiskan contoh penerapan manner adverb berimbuhan “-ly”, yakni “beautifully” (dengan indah), yang ditaruh di bagian belakang kalimat. “Beautifully” sendiri berasal dari adjective beautiful” (cantik, indah) yang berubah menjadi adverb karena ada imbuhan “-ly”. Dalam contoh kalimat ini, yang diakhiri dengan indah adalah “story” (cerita)-nya.

2. Your machine will automatically shut down in 3 minutes (Mesinmu akan berhenti secara otomatis dalam 3 menit).

Penjelasan: Ini merupakan manner adverb berimbuhan “-ly”, yakni “automatically” (dengan atau secara otomatis), yang ditaruh di bagian tengah kalimat. Dalam contoh kalimat ini, yang secara otomatis mati adalah “machine” (mesin).

3. Indeed, he answers your questions in a troll way (Memang, dia menjawab pertanyaan-pertanyaanmu dengan cara yang mengerikan).

Penjelasan: Fungsi manner adverb untuk melukiskan cara sesuatu dilakukan jelas dalam manner adverb berimbuhan “in a … way” (dengan cara) seperti contoh kalimat ini. Dalam contoh kalimat ini, “questions” (pertanyaan-pertanyaan) dijawab dengan cara yang mengerikan (atau “in a troll way”).

Lebih dari ketiga kalimat di atas, poin berikutnya akan mengajak kita, para learners sekalian, untuk melihat contoh penerapan manner adverb dalam percakapan. Percakapan yang tersusun atas berbagai kalimat dan kalimat aksi dijamin akan membuat kita makin mengenal manner adverb, karena itu, jangan lewatkan poin di bawah ini!

Contoh Penerapan Manner Adverb pada Percakapan

Sebagaimana kalimat, manner adverb juga sering ditemui dalam percakapan, termasuk contoh percakapan yang terdapat pada poin ini. Dalam contoh percakapan yang terdapat di poin ini, manner adverb ditandai dengan bold, sementara objek yang dipengaruhi akan digarisbawahi.

Hina: Look at llamas over there! I think they behave in a unique way, aren’t they? (Lihat ke hewan llama yang di sana! Aku kira mereka bertingkah dengan cara yang unik, ya?)

Bangken: Yes, indeed. They are similar to donkeys. (Ya, memang. Mereka mirip dengan keledai.)

Hina: I see… The universe must’ve been created beautifully and harmoniously. (Aku mengerti… Dunia pasti diciptakan dengan indah dan penuh harmoni.)

Bangken: Certainly, no reason to not be grateful! (Bangken: Tentu saja, tidak ada alasan untuk tidak bersyukur!)

Melalui contoh percakapan di atas, kita melihat paling tidak ada 3 bahasan manner adverb yang dapat kita ambil. Objek yang dijelaskan oleh ketiga bahasan manner adverb dalam artikel ini pun tidak sekadar barang, namun dapat juga merupakan verb dan makhluk hidup.

Pertama, melalui manner adverb in a … way” yang ditunjukkan pada “in a unique way” untuk baris dialog yang pertama, kita belajar tidak hanya adjective saja yang harus terselip dalam titik-titik antara “in a … way”. Kini, kita pun mengetahui “in a … way” sebagai manner adverb yang pasti menjelaskan verb. Dalam contoh percakapan, verb yang dijelaskan adalah “behave” (berlaku atau berperilaku).

Kedua, manner adverb similar to” (mirip dengan) atau sejenisnya pasti digunakan untuk menjelaskan objek. Tidak harus benda mati, bisa juga berupa makhluk hidup. Contoh yang diperlihatkan dalam percakapan adalah “donkeys” (keledai) yang merupakan hewan.

Ketiga, manner adverb berakhiran “-ly” dapat digunakan lebih dari sekali dalam satu kalimat. Dalam contoh percakapan, hal ini terlihat dari “beautifully” (dengan indah) dan “harmoniously” ((dengan) penuh harmoni). Sebagai catatan, bila ingin menggunakan manner adverb berakhiran “-ly” lebih dari sekali dalam satu kalimat, maka semua adjectives maupun bukan adjectives yang terpengaruh imbuhan “-ly” harus memiliki imbuhan “-ly” hingga ke belakangnya.

Pada titik ini, kita telah mengenal serba-serbi mengenai manner adverb, termasuk penjelasan dan contoh-contoh penerapannya dalam kalimat maupun percakapan. Dalam poin selanjutnya, kita akan bersama-sama melihat bagaimana manner adverb muncul dalam soal-soal tes TOEFL atau bahasa Inggris yang sejenis beserta pembahasannya.

Contoh Soal dan Pembahasan Manner Adverb dalam Tes TOEFL Atau Tes-Tes Bahasa Inggris Sejenis

Sama seperti frequency adverb dalam artikel sebelumnya, manner adverb yang sering hadir sebagai materi persiapan bahasa Inggris maupun uji ulang bahasa Inggris membuatnya menjadi salah satu materi yang sering keluar pada tes TOEFL maupun tes-tes bahasa Inggris lainnya.

Dalam tes-tes semacam TOEFL atau tes bahasa Inggris serupa, manner adverb kerap hadir sebagai soal pilihan ganda. Jenis yang pertama adalah melengkapi bagian kalimat yang rumpang, sementara jenis yang kedua adalah memilih di antara kalimat yang menggunakan manner adverb dengan benar.

Supaya lebih jelas, kita dapat melihat 2 contoh soal manner adverb di bawah ini beserta arti untuk tiap contoh soalnya. Jawaban yang benar akan di-bold, dan kita akan mengetahui mengapa jawaban ter-bold tersebut adalah jawaban yang benar pada poin pembahasan contoh-contoh soal berikut ini:

1. If you want to graduate sooner, you have to do your homework _____________.

a. meticulously        b. diligently        c. intelligently        d. smartly

(1. Kalau kamu ingin segera lulus, kamu harus mengerjakan PR-mu ______________.

a. dengan hati-hati        b. dengan rajin         c. dengan cerdas        d. dengan pintar)

Catatan: Pilihan jawaban semacam ini bisa menipu, karena keempatnya dapat menjadi kombinasi yang baik sebagai syarat “segera lulus” atau “lulus dengan cepat”.

Namun, perlu diingat, cara yang dilakukan secara “intelligently” (dengan cerdas) atau “smartly” (dengan pintar) belum tentu caranya orang rajin, sehingga pilihan c dan d salah. Pilihan a juga salah, karena terlalu hati-hati malah akan membuat tidak cepat lulus. Maka, jawaban yang benar adalah pilihan b. diligently.

2. Which sentence uses the right “in a … way”?

a. In a ways that they do their homework, they finish before the due date.
b. They finish their homework in an eloquent way.
c. In ways of doing their homework, they are eloquent.
d. They are eloquent in doing their homework in a way.

(2. Kalimat yang mana yang menggunakan “dengan cara yang …” secara tepat?

a. Dalam cara mereka mengerjakan PR mereka, mereka selesai sebelum tenggat waktunya.
b. Mereka menyelesaikan PR mereka dengan cara yang menawan.
c. Dalam cara mereka mengerjakan PR mereka, mereka menawan.
d. Mereka menawan dalam mengerjakan PR mereka dalam satu cara.)

Catatan: Coba learners baca kembali bagian penjelasan yang mengatakan manner adverb tidak pernah ditaruh di bagian awal kalimat. Lalu, bandingkan dengan pilihan jawaban pada contoh soal ini. Learners sekalian akan tahu pilihan a dan c pasti salah.

Ingat-ingat kembali bahasan contoh soal artikel lampau yang mengatakan, bila bertemu soal yang sudah tersedia katanya, maka learners harus menjawab yang sebeda mungkin namun masih berarti sama. Kalau soalnya “in a … way”, maka pilihan d yang mentah-mentah menulis “in a way” pasti salah. Karena itu, jawaban yang benar adalah pilihan kalimat b.

Demikianlah yang dapat kita pelajari mengenai manner adverb. Kini, kita semakin mahir dalam belajar bahasa Inggris, termasuk dalam hal adjectives dan adverbs.

Ingin belajar bahasa Inggris lebih lagi? Simak dan ikuti terus, yuk, artikel tutorial bahasa Inggris dari kami!

Adverb

Artikel Lainnya

Grammar-Adverb: Apa itu Time Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Superlative Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Purpose Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Place Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Manner Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Frequency Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Emphasizers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Downtoners Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Amplifiers Adverb?
Grammar-Adverb: Apa itu Comparative Adverb?

 

Grammar-Pronoun: Apa itu Reflexive Pronoun?
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Grammar-Adjective: Apa Itu Adjective?
Grammar: Apa itu Infinitive with To?
Grammar-Noun: Compound vs Collective Noun
Grammar-Pronoun: Apa itu Possessive Pronoun?
Grammar-Conjunction: Apa itu Coordinating Conjunction?
Grammar-Noun: Apa itu Abstract Noun?
Grammar-Determiner: Apa itu Indefinite Determiner?
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?


 
Apa Itu Collective Noun?
Verb Tenses: Berbeda Waktu, Berbeda Pula Kata Kerjanya
Mengenal Lebih Jauh “Simple Past Tense”
Adverb of Frequency: Always, Usually, Often, Sometimes, Never
Apa itu Phrasal Verbs?
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Mencerna Perbedaan Infinitive dan Gerund
Daftar Phrasal Verbs yang Sering Dipakai
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Apa itu Compound Sentence dalam Bahasa Inggris?